Jumat, 15 April 2011

IRONI DIBALIK KEMATIAN DUA PEJABAT SECURITY FREEPORT SIAPA 'MEMBUNGKAM" DAN 'DIBUNGKAM'


Ironi Dibalik Misteri Kematian dua security Freeport
 Siapa ‘Membungkam’ dan ‘Dibungkam’
 
 KJT NEWS-Ironis karena seakan tak ada lagi kemampuan semua pihak untuk menyibak sebab-musabab  dibalik peristiwa tragis yang menimpa almarhum, Daniel Mansawan dan Hary Siregar, Kamis (7/4) pekan silam di Mile-Post (MP) 39 area PT Freeport Indonesia, di kabupaten Mimika.
Mati terpangkang masih dalam keadaan hidup atau bernafas, seperti dikatakan ahli forensik rumah sakit cipto mangun kusumo (RSCM) Jakarta, dr Jaya pada, Sabtu (9/4) pekan lalu di Tembagapura pasca otopsi jasad kedua almarhum yang hanya terisa abu dan arang itu. Nampaknya menjadi satu-satunya tragedi mengenaskan dalam kematian empat karyawan dan satu anggota Polri, di area penambangan PTFI sejak tahun 2009 lalu.
Sekonyong-konyong muncul kesan terbungkamnya hati nurani setiap orang yang mungkin mengetahui jejak-jejak kematian mereka yang kini telah tenang di alam baka, meski tetap menyayat pilu pedihan para isteri dan anak serta keluarga yang ditinggalkan. Seakan tak ada lagi rasa, selain bayangan keuntungan yang mampu dihasilkan setiap oknum dari ladang subur penmbagan emas dan tembaga, PT Freeport Indonesia.
 Siapakah yang telah ‘membungkam’ (tak ingin bicara-red) atau ‘dibungkam’,  kini wajar menjadi satu-satunya pertanyaan setiap karyawan PTFI bahkan orang di kabupaten Mimika dan Papua yang mengetahui betapa PTFI begitu getol mengagungkan setiap karyawannya menjadi asset terbesar perusahaan yang patut dan wajib dilindungi keselamatannya dari gangguan apapun, terlebih kematian tragis seperti yang dialami Mansawan-Siregar.
Kalau pun ada niat untuk bicara seperti yang sempat terungkap dalam perbincangan bersama Senior Manager Security Risk Management (SRM) PTFI, Simon Petrus Morin di Tembapura saat prosesi Otopsi jenazah masih berlangsung, Jumat (9/4), yang seakan menampilkan kebingungannya terhadap tindakan kedua almarhum saat kejadian untuk kembali ke tempat kejadian peristiwa (Tkp) penembakan, Rabu (6/4).
“Saya juga heran, kenapa Daniel (Almarhum) ini kembali ke Tkp, padahal pagi harinya, dia juga sudah ke sana. Kita kan sedang menunggu mereka berdua untuk rencana meeting sore itu di Kuala Kencana,” kata Morin dalam kesan mengeluarkan kepedihannya di hadapan isteri Siregar dan keluarga Mansawan.
Meski niat bicara itu terdengar hanya terbatas, tampaknya dapat juga memunculkan  persepsi yang mempertanyakan, siapakah yang telah memerintahkan kedua almarhum untuk kembali ke Tkp peristiwa, Rabu (6/4). Almarhum Mansawan, dalam perspektif ungkapan Morin tentu saja hendak dikatakan melakukan pelanggaran prosedur karena melakukan pekerjaan tanpa sepengetahuan Morin, pimpinannya selaku Senior Manager di lingkungan departemen SRM PTFI.
Namun adakah fakta lain yang mampu menggandeng niat pengakuan Morin? Departement Coorporate Communication (CorComm) PTFI pimpinan Ramdani Sirait, yang diketahui selama ini menjadi satu-satunya corong perusahaan, sepertinya tidak dapat diharapkan lagi. Karena, kalau pun ada niatan buka suara, itu hanya terbatas melalui program short message service (SMS) hand-phone seperti yang hampir seringkali dialami kalangan jurnalis yang siap sedia menyobek sekat pembungkaman misteri semacam ini.
 “Keluarga besar PTFI sangat berduka atas meninggalnya kedua karyawan kami tersebut dan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada keluarga korban. Penyampaian rasa duka cita dan solidaritas beberapa karyawan PT Freeport Indonesia berlangsung dengan damai dan kegiatan operasi PT Freeport Indonesia berjalan dengan normal,” tulis Ramdani dalam SMS-nya melalui salah satu staffnya, Stevanus Branco  kepada wartawan di Timika sesaat setelah peristiwa penemuan jasad Mansawan-Siregar terjadi.
Juru bicara perusahaan sekaliber PT Freeport Indonesia dalam modus ini sekonyong-konyong hendak menjelaskan betapa harapan keluarga korban, seperti yang sempat diungkap isteri almarhum Mansawan, Welmina Nussy Mansawan, Senin (11/4) di depan office building (OB)1 Kuala Kencana agar pihak perusahaan bersedia mengungkap misteri kematian suaminya, nampaknya hanya akan tetap menjadi misteri  yang sulit terpecahkan.
Kalau pun ada fakta lapangan yang sempat diketahui karyawan PT Freeport Indonesia terhadap peristiwa kematian Mansawan-Siregar, niatan membuka suara itu pun jelas akan terasa bagaikan memberikan kesempatan hidup kepada ‘singa lapar’ yang siap melahap kehidupan sang karyawan itu sendiri.
Jangankan untuk berbagi fakta dan data yang mungkin diketahuinya, karena untuk menampilkan wujud solidaritas komitmennya untuk berbagi bersama keluarga korban  dengan resiko tidak bekerja saja, terdapat kesan kekuatiran yang besar di antara karyawan. Memilih tekanan pihak manajemen pun terpaksa menjadi pilihan satu-satunya bagi karyawan,  meski resah dan gelisah memikirkan juga nasibnya yang juga berpeluang mengalami nasib tragis yang sama dengan kedua almarhum yang sudah pergi mendahului.
Fakta ini jelas menjadi indikator bagaimana hati nurani setiap karyawan akan ‘dibungkam’ secara sengaja atau tidak (membungkam), meski dalam kepedihannya mengantarkan jasad almarhum Siregar dan Mansawan yang entah bagaimana bentuknya. Suara nurani itu pun mampu berteriak, meski harus terbatas dalam kerumunan ribuan forum kedukaan itu.”Jangan bunuh kami..! Kami juga anak negeri..! Kami anak bangsa ini...!.”
Suka tidak suka, mau tak mau!
Satu-satunya harapan yang mungkin masih tersisa bagi keluarga korban dan sekian ribu karyawan PT Freeport Indonesia, yang kini harus berpikir dan menantikan kapan gilirannya atau siapakah lagi yang siap dikorbankan atau menjadi korban? Tinggal lah mengharap masih adanya tindakan profesional penyidikpihak berwenang dalam nurani untuk siap menghentikan tragedi yang selama ini terbukti, terus mempermainkan kemanusiaan manusia di tanah ini. 
Termasuk secuil fakta yang sempat didapati tulisan ini, nampaknya ada juga secercah harapan untuk menantikan kepastian usaha pimpinan PT Freeport Indonesia, Armando Mahler, yang dalam kesempatan perbincangan di Tembagapura, Sabtu (9/4) juga sempat meminta jajaran Intelejent Section SRM Departemen PTFI untuk sesegera mungkin membantu pengungkapan sebab-musabab kematian misterius Mansawan-Siregar ini.
“Saya minta barang bukti yang ada di Kepolisian dapat dijaga 24 jam dan sesegera mungkin dapat dibantu agar pengungkapan pelaku peristiwa tragis ini dapat diungkap dan pelakunya diberikan sangsi hukum tegas,” kata Mahler yang sempat terucap saat menantikan penjelasan hasil forensik dr Jaya, di salah satu ruangan ISOS Hospital Tembagapura.
Bahkan dalam kesempatan pelepasan jenazah almarhum Mansawan di OB 1 Kuala Kencana, PTFI yang sempat diwakili salah satu Vice Presiden-nya, Sinta Sirait di hadapan keluarga korban dan ribuan karyawan PT Freeport Indonesia pun sudah sempat mengakui.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan pihak keluarga kepada perusahaan untuk berusaha menyelesaikan masalah ini,” kata Sinta yang disambut tepuk- riuh pelayat jenazah almarhum Mansawan.
Masih akan ada atau tidaknya tragedi ironis terhadap manusia di tanah ini, khususnya dalam lingkungan perusahaan penambangan raksasa emas dan tembaga, PT Freeport Indonesia ? Sesungguhnya hanya akan tergantung pada niatan untuk ‘membungkam’ nurani atau membiarkannya ‘dibungkam’ demi kepentingan keuntungan semata dan sesaat. 
Hari ini dan saat ini, jeritan kepanasan Mansawan-Siregar memang telah tertutupi dalam kehidupan abadi bersama sang Khalik. Namun Mansawan-Siregar lainnya pun masih tersisa,  dan pertanyaan terhadap misteri ini pun masih akan terngiang di pendengaran. Semoga tidak ada yang ‘membungkam’ dan berdoalah agar tak ada pula yang ‘dibungkam’. ( samuel wanda/ komunitas jurnalis Timika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar